Pages

Rabu, 19 Maret 2014

BAB 1 Dasar-Dasar Internet

Istilah-Istilah dalam Internet

Beberapa istilah yang berhubungan dengan internet dan penggunannya untuk membantu pengguna internet dalam memahami dunia internet.

1. Web 
Web, berarti jaringan yang dapat menampilkan data-data dan informasi lain melalui internet. Web merupakan bagian dari protokol bahasa http yang paling populer.

     
2. WWW (world wide web)

WWW merupakan kumpulan penyedia web untuk dipakai secara massal di seluruh dunia. Di dalam WWW, semua dokumen, menu, indeks, dan lain-lain ditampilkan kepada para pengguna internet sebagai objek dalam format HTML yang dapat dilihat dengan menggunakan Web Browser.

        
3. Web Site

Web site merupakan sebuah alamta di WWW yang menyediakan informasi tertentu. Contohnya: www.yahoo.com, www.google.com, dan www.detik.com

Contoh gambar : 



4. Web Page

Web page merupakan bagian dari web site yang merupakan lembaran-lembaran halaman sebuah web site.

Contoh gambar :







5. Homepage

Homepage adalahhalaman muka sebuah web site, berisi link-link ke halaman yang lain dalam web site yang sama atau web site lainnya. Jika dianalogikan, homepage sama dengan daftar isi sebuah buku yang memuat outline buku.

Contoh gambar :
6. Browser


Browser adalah aplikasi di Internet yang dipakai untuk menjelajah dunia internet. Contohnya : Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera mini, Netscape Navigator, Internet Explorer dan sebagainya.

7. Download

Download adalah pengambilan data atau informasi dari sebuah website untuk ditampilkan atau disimpan di komputer pengguna.

8. Upload

Upload merupakan pengiriman data dan informasi dari komputer pengguna ke suatu web site.

9. E-mail.

E-mail adalah surat elektronik yang dapat dikirim dan di terima melalui internet.
Contoh gambar : 



10. URL (Universal Resource Locator)

URL adalah sistem penamaan alamat situs web. Oleh karena itu, URL sering pula dinamakan Internet address (alamat internet). Setiap prtokol bahasa mempunyai sistem penulisan alamat yang berbeda-beda. Alamat sebuah web site di internet dapat dijelajahi melalui URL.


11. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

HTTP merupakan salah satu protokol bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar server komputer dalam internet. Dapat pula dikatakan bahwa HTTP merupakan bagian dari URL yang mengidentifikasi lokasi web site.


12. Hub

Hub merupakan alat yang berfungsi sebagai pusat suatu jaringan. Koneksi jaringan didistribusikan melalui hub.
Contoh gambar :
13. Client

Client adalah komputer pengakses internet, biasanya dipakai oleh pengguna.


14. Server

Server adalah komputer penyedia data dan informasi yang akan diakses oleh client.


15. Modem (Modulator Demodulator)

Modem merupakan alat yang diperlukan oleh sebuah komputer untuk menghubungkan dengan komputer lain melalui jaringan internet. Modem dapat mengubah data yang dimiliki oleh komputer menjadi sinyal audio yang dimiliki oleh kabel telepon, atau dari sinyal audio menjadi data serial.


16. HTML (Hypertext Mark up Language)

HTML merupakan standar format untuk dokumen hypertext.


17. Hypertext

Hypertext merupakan serangkaian kata pada dokumen html yang mempunyai hubungan (link) dengan dokumen html lain.

18. Hyperlink

Hyperlink ini merupakan fasilitas untuk mereferensikan atau menghubungkan sebuah kata, kalimat, simbol, gambar dengan alamat-alamat di internet. Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarna biru, seperti klik disini. Namun, tanda utama menjadi tanda jika diletakan diatas link tersebut. Jika sebuah link diklik maka program browser membuka dokumen atau file yang ditunjuk oleh link tersebut.



19. Protokol

Protokol adalah sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua atau lebih komputer saling berkomunikasi.



20. Alamat IP

Alamat IP merupaka identitas komputer dalam jaringan yang terdiri dari empat bagian (mulai angka 1 sampai 255). Contohnya adalah 101.09.45.015.


21. ISP (Internet Service Provider)

ISP merupakan perusahaan atau lembaga penyedia jasa layanan internet, seperti Wasantara, Indosatnet, Telkomnet, dan sebagainya.


22. Search Engine

Search engine merupakan aplikasi pencari data, informasi alamat web site lain melalui kata kunci dan fitur lainnya.
Contoh gambar :




23. Mailing List

Mailing list merupakan suatu forum atau kelompok diskusi di internet yang dapat saling bertukar informasi antar sesama anggota.


24. Chatting

Chatting adalah ngobrol di internet, baik melalui tulisan, suara, maupun video seperti berbicara bertatapan muka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar