Pages

Rabu, 19 Maret 2014

BAB 4 Menjelajah Internet

A. Memperlancar Browsing

     Terkadang muncul masalah ketika mengakses Internet, misalnya waktu yang relatif lebih lama atau bahkan kegagalan dalam mengakses atau mendownload data. Untuk itu, kamu harus mengetahui cara-cara yang tepat dalam mengakses Internet agar semuanya berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar pencarian atau Internet.

1. Hindari Jam Sibuk
    Jika mungkin, jangan melakukan browsing pada jam-jam sibuk (biasanya jam kerja antara pukul 09.00-17.00) agar browsermu tidak ‘terjebak kemacetan’ lalu lintas di dunia maya. Pada jam-jam itulah banyak orang yang mengakses Internet.

2. Tambahkan Cache Browser 
     Pada waktu kamu mengunjungi suatu situs, Internet Explorer menempatkan kode HTML dan grafik dari situs tersebut pada cache. Cache membantu Internet Explorer bekerja lebih cepat pada saat kamu mengklik tombol Back. Agar proses browsing menjadi cepat, kamu perlu mengalokasikan jumlah space pada harddisk yang memadai untukcache. Caranya adalah sebagai berikut:
1.) Pilih menu Tools pada Internet Explorer.
2.) Pilih Internet Options.





3.) Pilih tab General. Pada kotak dialog Internet Options.
4.) Pada bagian Temporary Internet Files, klik Settings.





5.) Di bawah Amount of disk space to use, geser tombol ke arah
kanan. Alokasikan sekitar 5 % dari space (ruang) pada harddisk
untuk cache.
6.) Tekan OK untuk mengakhiri.




3. Tidak Menampilkan Animasi dan Multimedia 
     Animasi mungkin membuat browsing menyenangkan, tetapi memperberat kerja browser. Untuk menonaktifkan animasi, ayo ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.) Pilih menu Tools pada Internet Explorer.
2.) Pilih Internet Options.
3.) Pilih tab Advanced.
4.) Geser layar ke bawah (scroll dwon) sehingga sampai di bagian Multimedia.
5.) Hapus tanda cek pada opsi Play animations in web pages dengan mengklik kotaknya, lalu klik OK.




    Kini browser hanya akan mengambil frame pertama dari setiap animasi
GIF, jadi gambar yang tampil tidak bergerak.  
    Demikian juga untuk menonaktifkan suara dan video, kosongkan tanda cek pada kotak di depan Play Sounds in web pages dan Play Video in web pages. Bahkan jika perlu, kamu pun dapat mencegah ditampilkannya gambar (bila kamu hanya membutuhkan teksnya saja) dengan mengosongkan tanda cek di depan Show Pictures.

4. Hentikan Proses Download 
     Jika browser terlalu lama mengakses suatu halaman web dan belum selesai juga, klik tombol Stop. Jika sesuai dengan yang kamu cari, boleh dilanjutkan. Klik tombol Refresh agar Internet Explorer mengulangi proses download. Terkadang, rute yang digunakan browser macet. Dengan mengulang proses download, browser dapat menemukan jalur baru yang agak kosong di Internet.
5. Membuat Jendela Baru
    Selama menunggu proses download, kamu boleh melanjutkan kegiatan browsing yang lain dengan membuka jendela browser yang baru. Caranya, tekan Ctrl + N atau klik menu File → New → Window.

    Membuka jendela baru pada browsing
    Misalnya, kamu sedang membuka situs Departemen Pendidikan Nasional (http://www.depdiknas.go.id). Jika kamu akan membuka jendela baru, lakukanlah langkah-langkah berikut ini:
1.) Klik menu File.
2.) Klik sebmenu New.
3.) Kemudian, pilih Window. 





4.) Jendela Internet Explorer yang baru akan muncul.
5.) Kamu dapat mengunjungi situs lain dengan menggunakan jendela Internet Explorer yang baru, misalnya situs Departemen Keuangan Republik Indonesia yang alamatnya adalah http://www.depkeu.go.id.
6.) Ketikkan alamat tersebut pada kolom Address, kemudian klik tombolGo.
7.) Dengan demikian, kamu dapat mengunjungi beberapa situs dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan jendela Internet Explorer yang baru.
6. Gunakan Tombol Klik Kanan Mouse 
     Dengan menekan tombol klik kanan mouse pada halaman web yang ditampilkan oleh browser, maka akan muncul pop-up menu yang isinya tergantung dari posisi pointer mouse. Penggunaan klik kanan ini banyak manfaatnya dan sangat membantu kegiatan browsing. Jika pointer mousemenunjuk sebuah link, kemudian kamu klik kanan link tersebut, maka akan muncul menu-menu sebagai berikut:
1.) Open : untuk membuka halaman yang ditunjuk oleh link.
2.) Open in New Window : untuk membuka halaman yang ditunjuk oleh link pada jendela baru.
3.) Save Target As : untuk menyimpan file yang ditunjuk oleh link.
4.) Print Target : untuk mencetak halaman web yang ditunjuk oleh link.
5.) Copy Shortcut : untuk mengkopi alamat URL dari link yang dimaksud.
6.) Jika pointer mouse berada diatas sebuah gambar (image),maka akan muncul menu Save Picture As atau Save Background As untuk menyimpan file gambar itu ke harddisk.




7. Menyimpan Situs Favorit
  Jika kamu menemukan sebuah situs atau halaman web yang menarik dan berencana untuk mengunjunginya kembali pada suatu waktu, sebaiknya kamu memasukkannya ke dalam daftar favorit. Caranya adalah sebagai berikut:
1.) Dalam keadaan halaman web terbuka, klik menu Favorites.
2.) Pilih Add to Favorites sehingga muncul jendela pop-up.




3.) Kamu boleh mengubah nama webnya pada jendela pop-up, kemudian
tekan Enter atau klik OK untuk menyimpannya.




Nama halaman web itu akan tersimpan dalam menu Favorites sebagaishortcut (jalan pintas) untuk membuka halaman web itu. Untuk mengaksesnya, kamu tidak perlu lagi menulis alamat URL-nya.

8. Offline Browsing
     Offline browsing adalah sebuah cara untuk menghemat penggunaan waktu online. Dengan offline browsing, kamu dapat menyimpan sebuah dokumen web (lengkap dengan link dan isinya) ketika sedang online(terhubung ke Internet) agar dapat dibuka kembali kapan saja meskipun dalam keadaan offline (tidak terkoneksi dengan Internet).

B. Menyimpan Halaman Web
      Keinginan untuk segera menyimpan halaman yang terpampang di monitor sering terjadi, karena dirasakan sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya kamu segera menyimpan halaman web yang terpampang tersebut. Ayo perhatikan contoh berikut ini, kemudian coba kamu praktikkan untuk meningkatkan keterampilan teknismu dalam menyimpan halaman web.
      
     Menyimpan halaman web
1.) Munculkan sebuah halaman web, misalnya:http://www.ilmukomputer.com
2.) Klik menu File, kemudian Save As.
3.) Setelah muncul kotak dialog Save Web Page, tuliskan nama file (lebih baik nama file dan tipenya tidak berubah), kemudian tempatkan pada folder yang dikehendaki.
4.) Tekan tombol Save. 

C. Menggunakan Search Engine Google
      Mencari data atau informasi di Internet memerlukan bantuan perangkat lunak pencari yang disebut mesin pencari atau search engine. Beberapa situs telah menyediakan mesin pencari, namun yang paling banyak diminati adalah mesin pencari Google dengan nama situswww.google.com untuk versi bahasa Inggrid atau www.google.co.id untuk versi bahasa Indonesia. 
     Dalam perkembangannya, situs ini telah mengalami perubahan tampilan maupun sarana di dalamnya. Langkah-langkah mencari data atau informasi melalui mesin pencari Google adalah sebagai berikut:
1.) Tuliskan alamat http://www.google.co.id pada Address Internet Explorer.
2.) Setelah muncul halaman web Google, tuliskan kata kunci artikel atau informasi yang  akan dicari pada kolom yang tersedia. Jika kata kuncinya lebih dari satu kata, maka gunakan tanda petik dua (”...”). Misalnya, kamu akan mencari artikel tentang laboratorium komputer. Ketikkan ”laboratorium komputer” pada kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol Telusuri dengan Google.





3.) Halaman web akan menunjukkan hasil pencarian.
4.) Klik salah satu hasil pencarian untuk membacanya dan kemudian
       menyimpan atau mencetaknya.




5.) Halaman web akan menunjukkan artikel yang merupakan link dari hasil
      pencarian yang diklik.



6.) Lakukan salah satu kegiatan berikut ini:
      a.) Simpan artikel dengan memilih menu File → Save As.
      b.) Cetak artikel dengan mengklik ikon print.
7.) Klik ikon go untuk menampilkan hasil pencarian yang lainnya,
      kemudian lakukan kembali Langkah 6). 

     Dalam menggunakan search engine Google, kamu dapat melakukan penelusuran lanjutan. Dengan penelusuran lanjutan ini, kamu dapat mencari informasi yang lebih spesifik. Langkah-langkah mencari data atau informasi dengan penelusuran lanjutan adalah sebagai berikut:
1.) Tuliskan alamat http://www.google.co.id pada Address Internet
      Explorer.
2.) Setelah muncul halaman web Google, klik Penelusuran Lanjutan.




3.) Tuliskan dan pilih hal-hal yang dinginkan pada kolom-kolom yang tersedia, Misalnya, kamu akan mencari artikel tentang ”laboratorium komputer”. Ketikkan laboratorium komputer pada kolom yang ditunjukkan pada gambar berikut. Kemudian, tekan tombol Telusuri dengan Google.


 


D. Menggunakan Fasilitas E-mail
       Salah satu fasilitas yang ada di internet adalah e-mail. Dengan menggunakan e-mail, kamu dapat mengirimkan pesan, surat, atau gambar dalam bentuk digital kepada orang lain yang juga memiliki alamat e-mail pribadi.
    Bagaimanakah cara membuat alamat e-mail pribadi pada situs Yahoo? Bagaimanakah cara menggunakan e-mail yang telah kita buat? Ayo cermati uraian berikut ini agar kamu memahaminya.

1. Membuat Alamat E-mail Pribadi
   Ayo ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat alamat e-mail pribadi pada situs Yahoo.
1.) Bukalah situs http://www.yahoo.co.id.
2.) Klik pada pilihan Mail.




3.) Jika kamu belum memiliki ID Yahoo, maka kamu harus memilih Daftar.




4.) Isilah form pendaftaran yang muncul, kemudian buat ID Yahoo, alamat e-mail, dan sandi (password) yang dinginkan. Misalnya, alamat e-mail
yang akan dibuat adalah akfen_cr7@yahoo.co.id.
5.) Setelah semua data diisi dengan benar, klik Buat Akun Saya.




4.) Isilah form pendaftaran yang muncul, kemudian buat ID Yahoo, alamat
      e-mail, dan sandi (password) yang dinginkan. Misalnya, alamat e-mail
      yang akan dibuat adalah akfen_cr7@yahoo.co.id.
5.) Setelah semua data diisi dengan benar, klik Buat Akun Saya.




7.) Kamu sudah dapat menggunakan alamat e-mail pribadimu.
8.) Untuk keluar dari e-mail, klik Sign Out.





9.) Tampilan akan kembali ke halaman web Yahoo.

2. Login ke Alamat E-mail Pribadi  
    Jika kamu telah mempunyai alamat e-mail pribadi. kamau dapat langsung login tanpa harus mendaftar dahulu. Ayo perhatikan contoh berikut ini, kemudian coba kamu ikuti langkah-langkahnya untuk meningkatkan keterampilan teknismu.

    Login ke alamat e-mail pribadi di Yahoo indonesia
1) Bukalah situs http://www.yahoo.co.id.
2) Klik pada pilihan Mail.
3) Masukkan ID Yahoo dan Sandi yang kamu miliki.
     Misalnya:
     ID Yahoo :  akfen_cr7
     Sandi        :  kalijati2

3. Membuka E-mail yang Masuk  
     Bagaimanakah jika ada e-mail yang masuk ke e-mailmu? Cara membuka e-mail yang masuk adalah sebagai berikut.
1.) Login terlebih dahulu ke alamat e-mailmu.
2.) Klik pada pilihan Kotak Masuk, maka daftar e-mail masuk akan
ditampilkan.
3.) Pilih salah satu e-mail masuk untuk dibaca.




4.) E-mail masuk yang diklik akan ditampilkan.




3. Menulis dan Mengirimkan E-mail
    Bagaimanakah cara untuk menulis dan mengirimkan e-mail ke orang lain?Ayo ikuti langkah-langkah untuk menulis dan mengirimkan e-mail dalam contoh berikut ini.

     Menulis dan mengirimkan e-mail
1.) Login terlebih dahulu ke alamat e-mailmu.
2.) Klik pada pilihan Tulis.
3.) Tuliskan alamat e-mail yang akan dituju, kemudian tuliskan pesannya pada tempat yang  tersedia. Selain itu, kamu juga dapat melampirkan file yang kapasitas maksimalnya 10 Mb.
    Misalnya:
    Alamat yang dituju : silfi_ramayanti@yahoo.co.id
    Judul surat               : selamat ulang tahun
    Isi pesan                   : (lihat gambar 4.29)

4.) Jika sudah selesai, tekan Kirim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar